Kanker · Pendampingan Pasien Kanker

Menjadi Pendamping Pasien Kanker yang Handal

Sering kali ketika ada anggota keluarga yang terdiagnosa kanker, kita sebagai keluarga merasa panik, sedih, dan kadang tidak terima. Padahal kesembuhan pasien kanker selain ditentukan dari pengobatan utama yang dijalani, juga dipengaruhi oleh pendampingan keluarga. Walaupun sering tidak terlihat wujudnya, tetapi pendampingan bisa berdampak pada kesembuhan pasien karena pendampingan berlangsung setiap hari, setiap jam, dan setiap menit. Pendampingan bisa membuat pasien merasa tenang karena ada yang menemani, membantu, dan menginginkannya sembuh sehingga menumbuhkan semangat positif dari dalam diri pasien. Tetapi pendampingan juga bisa membuat pasien sedih, tertekan, hingga merasa tidak diinginkan.

Saya yakin, kita semua menginginkan anggota keluarga kita sembuh, namun apakah kita sudah benar dalam membantu anggota keluarga kita untuk sembuh? Ataukah jangan-jangan kita merasa sudah melakukan semuanya tapi malah membuat pasien tidak nyaman?

Fase perubahan kehidupan seseorang dari yang awalnya sehat lalu jatuh sakit merupakan fase baru bagi pasien maupun bagi keluarganya. Diluar sana, banyak sekali buku-buku mengenai kanker dan pengobatannya tapi saya belum pernah menemukan suatu panduan bagi para pendamping kanker secara menyeluruh yang bisa membantu kesembuhan pasien. Padahal, pendamping pasien kanker juga memiliki tantangan tersendiri dalam menjalani fase kehidupannya yang baru. Maka, melalui pengalaman, pengamatan, dan pembelajaran yang sedang dijalani, saya coba merangkum pengalaman dalam tulisan sebagai referensi panduan bagi pendamping kanker untuk membangun support system pendampingan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien dan keluarga. Karena setiap pasien itu unik, setiap keluarga pun unik, sehingga sistem yang dibangun tidak selalu sama.

Semoga sharing ini akan membantu para pendamping pasien untuk merawat dan memenuhi kebutuhan pasien kanker, Semoga sharing ini juga bermanfaat oleh siapapun yang ingin belajar mengenai pendampingan pasien kanker, terutama para pendamping kanker yang anggota keluarganya baru terdiagnosa kanker, sedang menjalani pengobatan, dan para pendamping yang merasa kelelahan fisik dan mental mendampingi pasien kanker.

DOAKAN semoga istiqomah dalam menulis dan mencari referensi ilmiah (kalau engga ada referensi ilmiah, nanti bisa ditanya-tanya). Padahal sekarang males baca jurnal ilmiah, sukanya artikel singkat yang dibacanya dalam hitungan menit rampung 😂 😄. Kalau ada masukan, boleh.. Kalau mau carikan referensi, boleh banget.. Kalau mau ikut nulis bareng, boleh banget banget… Kalau mau kritik, silahkan asal sopan… 🙂

Sementara saya kasih beberapa link informatif untuk beberapa topik.

Tips Menjadi Pendamping Pasien Kanker yang Handal:

1. Pendampingan Informasi

  • Bersikap kritis dalam masa pengobatan
    • Obat kanker (Kemoterapi, radioterapi, operasi)
    • Luka kanker
    • Rehabilitasi Medik
    • Pengobatan Paliatif

2. Pendampingan Fisik

DISCLAIMER: Saya bukan bagian marketing dari produk-produk di atas. Saya hanya sharing produk yang cocok digunakan oleh keluarga kami.

3. Pendampingan Pikiran dan Emosional

4. Pendampingan Spiritual 

  • Sholat dan berdoa bersama
  • Mendengarkan bacaan Al-Quran
  • Rajin bersedekah
  • Berbagi kisah spiritual
  • Mengajak untuk bersedekah

5. Pendampingan Keluarga Besar

  • Identifikasi siapakah yang termasuk keluarga besar dan keluarga inti
  • Menyusun support system team 
  • Berbicara dari hati
  • Menjembatani perbedaan pendapat
  • Saling berkomunikasi secara aktif

6. Pendampingan Pendamping Utama / Perawat

  • Merubah kebiasaan dan cara pandang
  • Perhatikan kebutuhannya
  • Berikan privasi
  • Keluhan, solusi, dan harapan
Mom’s support team

Tetap semangat. Ratakan kepala ke tanah dan hati ke bumi untuk terus belajar.

Tetap andalkan Allah saja di setiap tantangan, bukan orang lain ataupun diri sendiri. InsyaAllah perjalanan akan sedikit lebih ringan.

Tetap bersyukur atas kemudahan dan kelebihan yang Allah berikan di sisi yang lain, keselamatan, kecukupan materi, kesehatan sampai hari ini, kemampuan berpikir, dan lain-lain.

2 thoughts on “Menjadi Pendamping Pasien Kanker yang Handal

  1. Askum nahdya… aku br tau deh km ada blog..tulisan kamu baguss bgt..blm lama aku juga sempet kena penyakit yg kl telat aku obaatin bisa beresjko kanker.untung suami n keluargaa suport bgt dan suami aku juga coba aku jalanin terapi beberapa obat herbal n subhanallah bgt sampai dokter kaget aku bisa sembuh dlm wkt singkat…intiny seh aku yakin akan obat apa yg aku minum n aku semangat krn ada keluargaa yg selalu suport aku apalagi anak aku…aku lihat foto km jd kangen bgt sama mama kamu..udh lama banget ga ketemu.sukses terus ya nad..kisskiss n peluk dr jauh buat kamu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s